fbpx
AIDA+S Model yang Wajib di Ketahui oleh Marketer dan Cara Menerapkannya?

Ditulis oleh Admin Sakoo

April 4, 2019

Hi Sellers! Dalam membeli suatu produk, tentunya pasti seseorang tidak langsung memiliki keinginan untuk membeli suatu produk tersebut. AIDA+S memiliki singkatan (Attention, Interest, Desire, Action, Satisfaction) adalah konsep penting yang perlu diingat ketika mendefinisikan pemasaran, periklanan, dan praktik penjualan. Ini membantu menyelaraskan berbagai tahap interaksi dengan calon pembeli yang terjadi ketika konsumen pertama kali mengenal suatu produk hingga akhirnya memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

1.     Tahapan Perhatian (attention)

Pada tahap Perhatian (attention) adalah tahapan dimana kita harus bisa membuat para konsumen sadar akan keberadaan produk kita. Baik promosi yang menggunakan  media iklan, cetak, radio, TV, atau jaringan personal lainnya. Tahap ini adalah tahap yang paling krusial namun sering kali di lupakan,

2.     Tahapan Ketertarikan (Interest)

Setelah berhasil meraih perhatian konsumen, harus dilakukan follow up yang baik untuk menarik minat beli calon konsumen. Yaitu tahapan lebih dalam memberikan informasi produk, membujuk dan mampu memberikan alasan kenapa konsumen harus membeli produk yg kita tawarkan. Anda bisa paparkan keunggulan produk atau jasa yang kita jual dibandingkan dengan produk atau jasa serupa yang ada di pasaran. Anda juga bisa menyiapkan display produk yang akan dijual untuk meyakinkan calon konsumen bahwa produk atau jasa yang dijual memang lebih berkualitas dan berbeda dari yang lain.

3.     Tahapan Berhasrat/berniat (Desire)

Tahap Berhasrat/Berniat ( Desire ) adalah tahapan memberikan penawaran yang tidak dapat ditolak si kosumen, dimana agar timbul keinginan dan hasrat untuk membeli produk kita.

Alat pemasaran yang dipilih lewat media sosial akan menjadi lebih potensial dan jauh lebih tepat ketika bisa mendorong keinginan calon konsumen untuk memakai barang atau jasa yang dipasarkan.

4.     Tidakan (Action)

Tahap Memutuskan untuk aksi beli ( Action ), tahapan dimana si konsumen agar mengambil tindakan untuk mulai membeli produk kita sekarang.

Proses pemasaran terbilang sukses ketika respon calon konsumen sesuai goal, membeli. Penawaran nilai tambah biasanya menjadi panggilan calon konsumen untuk melakukan tindakan membeli. Tidak berhenti disini, senantiasa menjaga kepuasan konsumen dan kontinyu dalam berpromosi akan senantiasa menarik pelanggan sebanyak – banyaknya.

5.     Kepuasan (Satisfaction)

Kepuasan (satisfaction)  tahapan akhir dimana konsumen merasa puas dengan produk kita dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk kita lagi. Yang harus dilakukan adalah berilah pengalaman yang menyenangkan untuk konsumen agar konsumen merasa puas sehingga mereka akan membeli produk/jasa kita kembali dan mereferensikan kepada teman-temannya untuk membeli produk atau jasa yang kita jual.

AIDAS model ini sangat penting diketahui oleh seorang Marketer untuk memahami pola pikir seorang konsumen terhadap suatu produk. Ketika kita mampu memahami konsumen dengan baik dapat dipastikan kita dapat menciptakan strategi yang tepat untuk kesuksesan bisnis.

Satu Toko Online

Nikmati kemudahan kelola toko online dan offlinemu melalui sakoo,
dan kembangkan bisnismu dibanyak merketplace hanya dengan satu platform.

Supported By :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AIDA+S Model yang Wajib di Ketahui oleh Marketer dan Cara Menerapkannya?

Ditulis oleh Admin Sakoo

April 4, 2019

Dalam membeli suatu produk, tentunya pasti seseorang tidak langsung memiliki keinginan untuk membeli suatu produk tersebut. AIDA+S memiliki singkatan (Attention, Interest, Desire, Action, Satisfaction) adalah konsep penting yang perlu diingat ketika mendefinisikan pemasaran, periklanan, dan praktik penjualan. Ini membantu menyelaraskan berbagai tahap interaksi dengan calon pembeli yang terjadi ketika konsumen pertama kali mengenal suatu produk hingga akhirnya memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

1.     Tahapan Perhatian (attention)

Pada tahap Perhatian (attention) adalah tahapan dimana kita harus bisa membuat para konsumen sadar akan keberadaan produk kita. Baik promosi yang menggunakan  media iklan, cetak, radio, TV, atau jaringan personal lainnya. Tahap ini adalah tahap yang paling krusial namun sering kali di lupakan,

2.     Tahapan Ketertarikan (Interest)

Setelah berhasil meraih perhatian konsumen, harus dilakukan follow up yang baik untuk menarik minat beli calon konsumen. Yaitu tahapan lebih dalam memberikan informasi produk, membujuk dan mampu memberikan alasan kenapa konsumen harus membeli produk yg kita tawarkan. Anda bisa paparkan keunggulan produk atau jasa yang kita jual dibandingkan dengan produk atau jasa serupa yang ada di pasaran. Anda juga bisa menyiapkan display produk yang akan dijual untuk meyakinkan calon konsumen bahwa produk atau jasa yang dijual memang lebih berkualitas dan berbeda dari yang lain.

3.     Tahapan Berhasrat/berniat (Desire)

Tahap Berhasrat/Berniat ( Desire ) adalah tahapan memberikan penawaran yang tidak dapat ditolak si kosumen, dimana agar timbul keinginan dan hasrat untuk membeli produk kita.

Alat pemasaran yang dipilih lewat media sosial akan menjadi lebih potensial dan jauh lebih tepat ketika bisa mendorong keinginan calon konsumen untuk memakai barang atau jasa yang dipasarkan.

4.     Tidakan (Action)

Tahap Memutuskan untuk aksi beli ( Action ), tahapan dimana si konsumen agar mengambil tindakan untuk mulai membeli produk kita sekarang.

Proses pemasaran terbilang sukses ketika respon calon konsumen sesuai goal, membeli. Penawaran nilai tambah biasanya menjadi panggilan calon konsumen untuk melakukan tindakan membeli. Tidak berhenti disini, senantiasa menjaga kepuasan konsumen dan kontinyu dalam berpromosi akan senantiasa menarik pelanggan sebanyak – banyaknya.

5.     Kepuasan (Satisfaction)

Kepuasan (satisfaction)  tahapan akhir dimana konsumen merasa puas dengan produk kita dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk kita lagi. Yang harus dilakukan adalah berilah pengalaman yang menyenangkan untuk konsumen agar konsumen merasa puas sehingga mereka akan membeli produk/jasa kita kembali dan mereferensikan kepada teman-temannya untuk membeli produk atau jasa yang kita jual.

AIDAS model ini sangat penting diketahui oleh seorang Marketer untuk memahami pola pikir seorang konsumen terhadap suatu produk. Ketika kita mampu memahami konsumen dengan baik dapat dipastikan kita dapat menciptakan strategi yang tepat untuk kesuksesan bisnis.

Satu Toko Online

Nikmati kemudahan kelola toko online dan offlinemu melalui sakoo,
dan kembangkan bisnismu dibanyak merketplace hanya dengan satu platform.

Supported By :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AIDA+S Model yang Wajib di Ketahui oleh Marketer dan Cara Menerapkannya?

Ditulis oleh Admin Sakoo

April 4, 2019

Dalam membeli suatu produk, tentunya pasti seseorang tidak langsung memiliki keinginan untuk membeli suatu produk tersebut. AIDA+S memiliki singkatan (Attention, Interest, Desire, Action, Satisfaction) adalah konsep penting yang perlu diingat ketika mendefinisikan pemasaran, periklanan, dan praktik penjualan. Ini membantu menyelaraskan berbagai tahap interaksi dengan calon pembeli yang terjadi ketika konsumen pertama kali mengenal suatu produk hingga akhirnya memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

1.     Tahapan Perhatian (attention)

Pada tahap Perhatian (attention) adalah tahapan dimana kita harus bisa membuat para konsumen sadar akan keberadaan produk kita. Baik promosi yang menggunakan  media iklan, cetak, radio, TV, atau jaringan personal lainnya. Tahap ini adalah tahap yang paling krusial namun sering kali di lupakan,

2.     Tahapan Ketertarikan (Interest)

Setelah berhasil meraih perhatian konsumen, harus dilakukan follow up yang baik untuk menarik minat beli calon konsumen. Yaitu tahapan lebih dalam memberikan informasi produk, membujuk dan mampu memberikan alasan kenapa konsumen harus membeli produk yg kita tawarkan. Anda bisa paparkan keunggulan produk atau jasa yang kita jual dibandingkan dengan produk atau jasa serupa yang ada di pasaran. Anda juga bisa menyiapkan display produk yang akan dijual untuk meyakinkan calon konsumen bahwa produk atau jasa yang dijual memang lebih berkualitas dan berbeda dari yang lain.

3.     Tahapan Berhasrat/berniat (Desire)

Tahap Berhasrat/Berniat ( Desire ) adalah tahapan memberikan penawaran yang tidak dapat ditolak si kosumen, dimana agar timbul keinginan dan hasrat untuk membeli produk kita.

Alat pemasaran yang dipilih lewat media sosial akan menjadi lebih potensial dan jauh lebih tepat ketika bisa mendorong keinginan calon konsumen untuk memakai barang atau jasa yang dipasarkan.

4.     Tidakan (Action)

Tahap Memutuskan untuk aksi beli ( Action ), tahapan dimana si konsumen agar mengambil tindakan untuk mulai membeli produk kita sekarang.

Proses pemasaran terbilang sukses ketika respon calon konsumen sesuai goal, membeli. Penawaran nilai tambah biasanya menjadi panggilan calon konsumen untuk melakukan tindakan membeli. Tidak berhenti disini, senantiasa menjaga kepuasan konsumen dan kontinyu dalam berpromosi akan senantiasa menarik pelanggan sebanyak – banyaknya.

5.     Kepuasan (Satisfaction)

Kepuasan (satisfaction)  tahapan akhir dimana konsumen merasa puas dengan produk kita dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk kita lagi. Yang harus dilakukan adalah berilah pengalaman yang menyenangkan untuk konsumen agar konsumen merasa puas sehingga mereka akan membeli produk/jasa kita kembali dan mereferensikan kepada teman-temannya untuk membeli produk atau jasa yang kita jual.

AIDAS model ini sangat penting diketahui oleh seorang Marketer untuk memahami pola pikir seorang konsumen terhadap suatu produk. Ketika kita mampu memahami konsumen dengan baik dapat dipastikan kita dapat menciptakan strategi yang tepat untuk kesuksesan bisnis.

Satu Toko Online

Nikmati kemudahan kelola toko online dan offlinemu melalui sakoo,
dan kembangkan bisnismu dibanyak merketplace hanya dengan satu platform.

Supported By :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *