fbpx
Jualan di Website atau Social Media: Mana Yang Lebih Efektif?

Ditulis oleh Admin Sakoo

September 16, 2021

Digitalisasi ekonomi dan bisnis di negara Indonesia semakin meningkat. Ditambah lagi dengan dorongan pandemi COVID-19 yang muncul tahun 2020 lalu, para pemilik bisnis banyak yang beralih kepada bisnis online sehingga pengguna platform bisnis online juga terus bertambah. Pemerintah juga menyatakan bahwa 99 persen UMKM sudah mendaftar dan menerima bantuan, yang membuat semakin banyak UMKM beralih ke dunia digital untuk menjual produknya. Tercatat juga bahwa sekitar lima juta pemain baru di marketplace online pada saat pandemi berlangsung.

 

Dengan semakin banyaknya pendatang baru, semakin tinggi pula persaingan di pasar dunia bisnis digital. Maka dari itu, para pemilik usaha tentu harus memiliki strategi yang tepat agar bisa bertahan dan berkembang mengikuti arus pasar, termasuk strategi pemasaran.

 

Strategi pemasaran yang umumnya digunakan oleh para pemilik bisnis online baru adalah social media marketing atau pemasaran menggunakan media sosial. Namun, dengan pengguna media sosial yang terus meningkat dan jumlah konsumen yang berbelanja online juga semakin meningkat, apakah penjualan dan pemasaran melalui media sosial saja akan cukup? Sebagai alternatif, banyak pemilik usaha juga beralih kepada website atau webstore. 

 

Memang apa perbandingan antara berjualan melalui media sosial dengan website? Di antara kedua platform digital ini, manakah yang terbaik untuk digunakan dalam berbisnis secara online? 

 

Jika kamu berjualan di website toko online, maka umumnya kamu dapat:

  1. Update dalam toko secara otomatis

Dengan memiliki website toko online, kamu akan lebih mudah untuk berjualan karena toko kamu dapat diakses oleh pelanggan dimanapun berada dengan waktu yang tak terbatas. Kamu dapat mengatur produk dan varian kamu secara bersamaan dimana stok barang kamu pun akan terupdate secara otomatis dari dashboard jualan kamu. 

Selain itu, jika kamu mendaftarkan bisnis kamu di Sakoo, kamu bisa mendapatkan manajemen pengguna/admin toko yang bisa membantu kamu untuk mengontrol website toko online yang kamu miliki. Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan meng-upgrade akun kamu ke Business dan Pro.

  1. Data pelanggan tersimpan

Sebelum membeli suatu produk, konsumen kamu akan menginputkan informasi pembelian melalui website toko online kamu. Dari data tersebut pun, akan otomatis tersimpan di database website kamu. Jika kamu menggunakan layanan Webstore Sakoo, kamu dapat mengatur data pelanggan kamu sendiri, loh!

  1. Mengatur promosi kode voucher atau diskon

Dengan website toko online dimana kamu memiliki kontrol penuh, kamu dapat menentukan potongan harga sebagai salah satu bentuk promosi baik kode voucher maupun diskon. Jika website toko online kamu terdaftar di Sakoo, promosi kode voucher dan diskon kamu bisa dikirimkan langsung ke data pelanggan yang telah tersimpan secara otomatis di Sakoo, sesuai dengan poin sebelumnya.

  1. Mengatur pengiriman

Pengiriman tentu saja merupakan hal krusial dalam berjualan secara online. Melalui website toko online kamu, kamu bisa mengatur pengiriman dengan berbagai jasa pengiriman yang tersedia. Atau ingin mengatur pengiriman secara instant dengan kurir pribadi? fitur tersebut juga dapat kamu akses melalui website toko online kamu. 

 

Sedangkan, jika kamu berjualan melalui media sosial, maka yang kamu akan dapatkan yakni:

  1. Membuat konten (edukasi seputar produk dan layanan kamu)

Dengan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dll, konten merupakan fokus yang dapat kamu manfaatkan untuk mengedukasi pelanggan setia maupun baru seputar produk kamu.

  1. Memberi informasi mengenai promosi

Selain konten, kamu juga dapat memberikan informasi mengenai promosi yang kamu tawarkan sebagai salah satu bentuk pemasaran.

  1. Jangkauan yang lebih luas

Berbeda dengan website, kamu tidak perlu khawatir untuk mencari audiens. Kamu bisa membaca beberapa manfaat promosi menggunakan media sosial lebih lanjut disini.

 

Kedua platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun dapat disimpulkan bahwa baik website maupun media sosial baik sama-sama efektif untuk dijalankan oleh pemilik bisnis dalam berjualan maupun memasarkan produk dan branding usaha yang dimiliki.

 

Tertarik dengan platform website atau webstore untuk bisnis yang kamu miliki? Tenang saja, kamu dapat dapat mendaftarkan usaha kamu di salah satu solusi go digital untuk para pelaku UMKM yakni Sakoo (Satu Toko Online). Ayo join Sakoo dan kembangkan bisnis yang kamu miliki sekarang juga!

Satu Toko Online

Nikmati kemudahan kelola toko online dan offlinemu melalui sakoo,
dan kembangkan bisnismu dibanyak merketplace hanya dengan satu platform.

Supported By :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jualan di Website atau Social Media: Mana Yang Lebih Efektif?

Ditulis oleh Admin Sakoo

September 16, 2021

 

Digitalisasi ekonomi dan bisnis di negara Indonesia semakin meningkat. Ditambah lagi dengan dorongan pandemi COVID-19 yang muncul tahun 2020 lalu, para pemilik bisnis banyak yang beralih kepada bisnis online sehingga pengguna platform bisnis online juga terus bertambah. Pemerintah juga menyatakan bahwa 99 persen UMKM sudah mendaftar dan menerima bantuan, yang membuat semakin banyak UMKM beralih ke dunia digital untuk menjual produknya. Tercatat juga bahwa sekitar lima juta pemain baru di marketplace online pada saat pandemi berlangsung.

 

Dengan semakin banyaknya pendatang baru, semakin tinggi pula persaingan di pasar dunia bisnis digital. Maka dari itu, para pemilik usaha tentu harus memiliki strategi yang tepat agar bisa bertahan dan berkembang mengikuti arus pasar, termasuk strategi pemasaran.

 

Strategi pemasaran yang umumnya digunakan oleh para pemilik bisnis online baru adalah social media marketing atau pemasaran menggunakan media sosial. Namun, dengan pengguna media sosial yang terus meningkat dan jumlah konsumen yang berbelanja online juga semakin meningkat, apakah penjualan dan pemasaran melalui media sosial saja akan cukup? Sebagai alternatif, banyak pemilik usaha juga beralih kepada website atau webstore. 

 

Memang apa perbandingan antara berjualan melalui media sosial dengan website? Di antara kedua platform digital ini, manakah yang terbaik untuk digunakan dalam berbisnis secara online? 

 

Jika kamu berjualan di website toko online, maka umumnya kamu dapat:

  1. Update dalam toko secara otomatis

Dengan memiliki website toko online, kamu akan lebih mudah untuk berjualan karena toko kamu dapat diakses oleh pelanggan dimanapun berada dengan waktu yang tak terbatas. Kamu dapat mengatur produk dan varian kamu secara bersamaan dimana stok barang kamu pun akan terupdate secara otomatis dari dashboard jualan kamu. 

Selain itu, jika kamu mendaftarkan bisnis kamu di Sakoo, kamu bisa mendapatkan manajemen pengguna/admin toko yang bisa membantu kamu untuk mengontrol website toko online yang kamu miliki. Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan meng-upgrade akun kamu ke Business dan Pro.

  1. Data pelanggan tersimpan

Sebelum membeli suatu produk, konsumen kamu akan menginputkan informasi pembelian melalui website toko online kamu. Dari data tersebut pun, akan otomatis tersimpan di database website kamu. Jika kamu menggunakan layanan Webstore Sakoo, kamu dapat mengatur data pelanggan kamu sendiri, loh!

  1. Mengatur promosi kode voucher atau diskon

Dengan website toko online dimana kamu memiliki kontrol penuh, kamu dapat menentukan potongan harga sebagai salah satu bentuk promosi baik kode voucher maupun diskon. Jika website toko online kamu terdaftar di Sakoo, promosi kode voucher dan diskon kamu bisa dikirimkan langsung ke data pelanggan yang telah tersimpan secara otomatis di Sakoo, sesuai dengan poin sebelumnya.

  1. Mengatur pengiriman

Pengiriman tentu saja merupakan hal krusial dalam berjualan secara online. Melalui website toko online kamu, kamu bisa mengatur pengiriman dengan berbagai jasa pengiriman yang tersedia. Atau ingin mengatur pengiriman secara instant dengan kurir pribadi? fitur tersebut juga dapat kamu akses melalui website toko online kamu. 

 

Sedangkan, jika kamu berjualan melalui media sosial, maka yang kamu akan dapatkan yakni:

  1. Membuat konten (edukasi seputar produk dan layanan kamu)

Dengan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dll, konten merupakan fokus yang dapat kamu manfaatkan untuk mengedukasi pelanggan setia maupun baru seputar produk kamu.

  1. Memberi informasi mengenai promosi

Selain konten, kamu juga dapat memberikan informasi mengenai promosi yang kamu tawarkan sebagai salah satu bentuk pemasaran.

  1. Jangkauan yang lebih luas

Berbeda dengan website, kamu tidak perlu khawatir untuk mencari audiens. Kamu bisa membaca beberapa manfaat promosi menggunakan media sosial lebih lanjut disini.

 

Kedua platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun dapat disimpulkan bahwa baik website maupun media sosial baik sama-sama efektif untuk dijalankan oleh pemilik bisnis dalam berjualan maupun memasarkan produk dan branding usaha yang dimiliki.

 

Tertarik dengan platform website atau webstore untuk bisnis yang kamu miliki? Tenang saja, kamu dapat dapat mendaftarkan usaha kamu di salah satu solusi go digital untuk para pelaku UMKM yakni Sakoo (Satu Toko Online). Ayo join Sakoo dan kembangkan bisnis yang kamu miliki sekarang juga!

Satu Toko Online

Nikmati kemudahan kelola toko online dan offlinemu melalui sakoo,
dan kembangkan bisnismu dibanyak merketplace hanya dengan satu platform.

Supported By :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jualan di Website atau Social Media: Mana Yang Lebih Efektif?

Ditulis oleh Admin Sakoo

September 16, 2021

Digitalisasi ekonomi dan bisnis di negara Indonesia semakin meningkat. Ditambah lagi dengan dorongan pandemi COVID-19 yang muncul tahun 2020 lalu, para pemilik bisnis banyak yang beralih kepada bisnis online sehingga pengguna platform bisnis online juga terus bertambah. Pemerintah juga menyatakan bahwa 99 persen UMKM sudah mendaftar dan menerima bantuan, yang membuat semakin banyak UMKM beralih ke dunia digital untuk menjual produknya. Tercatat juga bahwa sekitar lima juta pemain baru di marketplace online pada saat pandemi berlangsung.

 

Dengan semakin banyaknya pendatang baru, semakin tinggi pula persaingan di pasar dunia bisnis digital. Maka dari itu, para pemilik usaha tentu harus memiliki strategi yang tepat agar bisa bertahan dan berkembang mengikuti arus pasar, termasuk strategi pemasaran.

 

Strategi pemasaran yang umumnya digunakan oleh para pemilik bisnis online baru adalah social media marketing atau pemasaran menggunakan media sosial. Namun, dengan pengguna media sosial yang terus meningkat dan jumlah konsumen yang berbelanja online juga semakin meningkat, apakah penjualan dan pemasaran melalui media sosial saja akan cukup? Sebagai alternatif, banyak pemilik usaha juga beralih kepada website atau webstore. 

 

Memang apa perbandingan antara berjualan melalui media sosial dengan website? Di antara kedua platform digital ini, manakah yang terbaik untuk digunakan dalam berbisnis secara online? 

 

Jika kamu berjualan di website toko online, maka umumnya kamu dapat:

  1. Update dalam toko secara otomatis

Dengan memiliki website toko online, kamu akan lebih mudah untuk berjualan karena toko kamu dapat diakses oleh pelanggan dimanapun berada dengan waktu yang tak terbatas. Kamu dapat mengatur produk dan varian kamu secara bersamaan dimana stok barang kamu pun akan terupdate secara otomatis dari dashboard jualan kamu. 

Selain itu, jika kamu mendaftarkan bisnis kamu di Sakoo, kamu bisa mendapatkan manajemen pengguna/admin toko yang bisa membantu kamu untuk mengontrol website toko online yang kamu miliki. Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan meng-upgrade akun kamu ke Business dan Pro.

  1. Data pelanggan tersimpan

Sebelum membeli suatu produk, konsumen kamu akan menginputkan informasi pembelian melalui website toko online kamu. Dari data tersebut pun, akan otomatis tersimpan di database website kamu. Jika kamu menggunakan layanan Webstore Sakoo, kamu dapat mengatur data pelanggan kamu sendiri, loh!

  1. Mengatur promosi kode voucher atau diskon

Dengan website toko online dimana kamu memiliki kontrol penuh, kamu dapat menentukan potongan harga sebagai salah satu bentuk promosi baik kode voucher maupun diskon. Jika website toko online kamu terdaftar di Sakoo, promosi kode voucher dan diskon kamu bisa dikirimkan langsung ke data pelanggan yang telah tersimpan secara otomatis di Sakoo, sesuai dengan poin sebelumnya.

  1. Mengatur pengiriman

Pengiriman tentu saja merupakan hal krusial dalam berjualan secara online. Melalui website toko online kamu, kamu bisa mengatur pengiriman dengan berbagai jasa pengiriman yang tersedia. Atau ingin mengatur pengiriman secara instant dengan kurir pribadi? fitur tersebut juga dapat kamu akses melalui website toko online kamu. 

 

Sedangkan, jika kamu berjualan melalui media sosial, maka yang kamu akan dapatkan yakni:

  1. Membuat konten (edukasi seputar produk dan layanan kamu)

Dengan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dll, konten merupakan fokus yang dapat kamu manfaatkan untuk mengedukasi pelanggan setia maupun baru seputar produk kamu.

  1. Memberi informasi mengenai promosi

Selain konten, kamu juga dapat memberikan informasi mengenai promosi yang kamu tawarkan sebagai salah satu bentuk pemasaran.

  1. Jangkauan yang lebih luas

Berbeda dengan website, kamu tidak perlu khawatir untuk mencari audiens. Kamu bisa membaca beberapa manfaat promosi menggunakan media sosial lebih lanjut disini.

 

Kedua platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun dapat disimpulkan bahwa baik website maupun media sosial baik sama-sama efektif untuk dijalankan oleh pemilik bisnis dalam berjualan maupun memasarkan produk dan branding usaha yang dimiliki.

 

Tertarik dengan platform website atau webstore untuk bisnis yang kamu miliki? Tenang saja, kamu dapat dapat mendaftarkan usaha kamu di salah satu solusi go digital untuk para pelaku UMKM yakni Sakoo (Satu Toko Online). Ayo join Sakoo dan kembangkan bisnis yang kamu miliki sekarang juga!

Satu Toko Online

Nikmati kemudahan kelola toko online dan offlinemu melalui sakoo,
dan kembangkan bisnismu dibanyak merketplace hanya dengan satu platform.

Supported By :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *