fbpx
Kenapa Harus Melakukan Analisa Kompetitor? Pemilik Bisnis Wajib Tahu!

Ditulis oleh Admin Sakoo

September 22, 2021

Halo Sobat Sakoo!

Di artikel kali ini, Minkoo ingin menjelaskan kenapa pemilik bisnis harus melakukan analisa kompetitor, dan apa aja sih pentingnya untuk bisnis kamu menganalisis kompetitor yang ada di pasar. 

Analisa kompetitor merupakan proses identifikasi bisnis yang ada di pasar kamu, yang merupakan kompetitor dari bisnis yang dibuat. Nah Sobat Sakoo, bisnis lain bisa dibilang kompetitor jika menawarkan produk serupa dengan bisnis kamu. Dalam analisa kompetitor ini, beberapa hal akan dievaluasi, contohnya produk wise, kamu bisa menyediakan produk terbaik dengan harga yang tepat untuk pelanggan kamu. Ini akan membantu kamu untuk melihat bisnis & bisnis kompetitor dan membantu kamu melihat melalui mata pelanggan kamu, sehingga kamu bisa tau hal apa yang harus ditingkatkan untuk unggul dalam pasar.

Sobat Sakoo, penting loh untuk melakukan analisa kompetitor rutin selama bisnismu berlangsung. Kenapa harus secara rutin? Ini dikarenakan perubahan industri setiap waktunya, dan adanya bisnis baru yang memasuki ruang kamu, maka itu ini hal penting yang tidak boleh pemilik bisnis abaikan. Sebagai pemilik bisnis, wajib untuk kamu tetap mengikuti tren pasar dan nantinya menawarkan hal baru ataupun produk baru. Penting juga untuk selangkah lebih maju dalam pasar dan bertahan. Jika analisa kompetitor dilakukan, akan terlihat perbandingan bisnis kamu dengan kompetitor kamu, yang akan menunjukan dimana kamu unggul dan kurang, bisa juga dimanfaatkan untuk mendapatkan ide baru untuk pertumbuhan yang bisa kamu manfaatkan kedepannya.

Ada kutipan dari Taffet yaitu “Memahami kompetitor memungkinkan seseorang untuk membedakan diri dari pesaing, fokus pada peluang pasar, menentukan layanan yang dibutuhkan dan juga mengidentifikasi praktik terbaik untuk digunakan.”

Untuk melakukan analisa kompetitor, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar produk yang ingin kamu evaluasi, temukan juga presentasi pangsa pasar, ini membantu menemukan siapa pesaing utama kamu, kamu juga bisa membandingkan harga kompetitor kamu, dan melihat apa jenis strategi pemasaran yang diterapkan oleh tiap kompetitor. Setelah itu kamu bisa identifikasi kekuatannya dan kelemahannya, apa yang membuat mereka unggul. Evaluasi, identifikasi dan teliti kompetitor kamu dapat meningkatkan daya saing kamu loh Sobat Sakoo!

Contohnya jika kompetitor kamu membuka toko online mereka di banyak marketplace dan juga memiliki website toko online dengan menggunakan channel tertentu seperti Sakoo.id, dan mereka mendapatkan benefit tersendiri karena strategi ini, Nah, dari identifikasi ini, kamu bisa mendapatkan hal baru untuk mempertimbangkan strategi baru tersendiri.

Bagaimana Sobat Sakoo? Sudah paham kan pentingnya untuk kamu membuat analisa kompetitor? Semangat Sobat Sakoo untuk selalu terus mengembangkan bisnis kamu ! 🙂

Satu Toko Online

Nikmati kemudahan kelola toko online dan offlinemu melalui sakoo,
dan kembangkan bisnismu dibanyak merketplace hanya dengan satu platform.

Supported By :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kenapa Harus Melakukan Analisa Kompetitor? Pemilik Bisnis Wajib Tahu!

Ditulis oleh Admin Sakoo

September 22, 2021

Halo Sobat Sakoo!

Di artikel kali ini, Minkoo ingin menjelaskan kenapa pemilik bisnis harus melakukan analisa kompetitor, dan apa aja sih pentingnya untuk bisnis kamu menganalisis kompetitor yang ada di pasar. 

Analisa kompetitor merupakan proses identifikasi bisnis yang ada di pasar kamu, yang merupakan kompetitor dari bisnis yang dibuat. Nah Sobat Sakoo, bisnis lain bisa dibilang kompetitor jika menawarkan produk serupa dengan bisnis kamu. Dalam analisa kompetitor ini, beberapa hal akan dievaluasi, contohnya produk wise, kamu bisa menyediakan produk terbaik dengan harga yang tepat untuk pelanggan kamu. Ini akan membantu kamu untuk melihat bisnis & bisnis kompetitor dan membantu kamu melihat melalui mata pelanggan kamu, sehingga kamu bisa tau hal apa yang harus ditingkatkan untuk unggul dalam pasar.

Sobat Sakoo, penting loh untuk melakukan analisa kompetitor rutin selama bisnismu berlangsung. Kenapa harus secara rutin? Ini dikarenakan perubahan industri setiap waktunya, dan adanya bisnis baru yang memasuki ruang kamu, maka itu ini hal penting yang tidak boleh pemilik bisnis abaikan. Sebagai pemilik bisnis, wajib untuk kamu tetap mengikuti tren pasar dan nantinya menawarkan hal baru ataupun produk baru. Penting juga untuk selangkah lebih maju dalam pasar dan bertahan. Jika analisa kompetitor dilakukan, akan terlihat perbandingan bisnis kamu dengan kompetitor kamu, yang akan menunjukan dimana kamu unggul dan kurang, bisa juga dimanfaatkan untuk mendapatkan ide baru untuk pertumbuhan yang bisa kamu manfaatkan kedepannya.

Ada kutipan dari Taffet yaitu “Memahami kompetitor memungkinkan seseorang untuk membedakan diri dari pesaing, fokus pada peluang pasar, menentukan layanan yang dibutuhkan dan juga mengidentifikasi praktik terbaik untuk digunakan.”

Untuk melakukan analisa kompetitor, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar produk yang ingin kamu evaluasi, temukan juga presentasi pangsa pasar, ini membantu menemukan siapa pesaing utama kamu, kamu juga bisa membandingkan harga kompetitor kamu, dan melihat apa jenis strategi pemasaran yang diterapkan oleh tiap kompetitor. Setelah itu kamu bisa identifikasi kekuatannya dan kelemahannya, apa yang membuat mereka unggul. Evaluasi, identifikasi dan teliti kompetitor kamu dapat meningkatkan daya saing kamu loh Sobat Sakoo!

Contohnya jika kompetitor kamu membuka toko online mereka di banyak marketplace dan juga memiliki website toko online dengan menggunakan channel tertentu seperti Sakoo.id, dan mereka mendapatkan benefit tersendiri karena strategi ini, Nah, dari identifikasi ini, kamu bisa mendapatkan hal baru untuk mempertimbangkan strategi baru tersendiri.

Bagaimana Sobat Sakoo? Sudah paham kan pentingnya untuk kamu membuat analisa kompetitor? Semangat Sobat Sakoo untuk selalu terus mengembangkan bisnis kamu ! 🙂

Satu Toko Online

Nikmati kemudahan kelola toko online dan offlinemu melalui sakoo,
dan kembangkan bisnismu dibanyak merketplace hanya dengan satu platform.

Supported By :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kenapa Harus Melakukan Analisa Kompetitor? Pemilik Bisnis Wajib Tahu!

Ditulis oleh Admin Sakoo

September 22, 2021

Halo Sobat Sakoo!

Di artikel kali ini, Minkoo ingin menjelaskan kenapa pemilik bisnis harus melakukan analisa kompetitor, dan apa aja sih pentingnya untuk bisnis kamu menganalisis kompetitor yang ada di pasar. 

Analisa kompetitor merupakan proses identifikasi bisnis yang ada di pasar kamu, yang merupakan kompetitor dari bisnis yang dibuat. Nah Sobat Sakoo, bisnis lain bisa dibilang kompetitor jika menawarkan produk serupa dengan bisnis kamu. Dalam analisa kompetitor ini, beberapa hal akan dievaluasi, contohnya produk wise, kamu bisa menyediakan produk terbaik dengan harga yang tepat untuk pelanggan kamu. Ini akan membantu kamu untuk melihat bisnis & bisnis kompetitor dan membantu kamu melihat melalui mata pelanggan kamu, sehingga kamu bisa tau hal apa yang harus ditingkatkan untuk unggul dalam pasar.

Sobat Sakoo, penting loh untuk melakukan analisa kompetitor rutin selama bisnismu berlangsung. Kenapa harus secara rutin? Ini dikarenakan perubahan industri setiap waktunya, dan adanya bisnis baru yang memasuki ruang kamu, maka itu ini hal penting yang tidak boleh pemilik bisnis abaikan. Sebagai pemilik bisnis, wajib untuk kamu tetap mengikuti tren pasar dan nantinya menawarkan hal baru ataupun produk baru. Penting juga untuk selangkah lebih maju dalam pasar dan bertahan. Jika analisa kompetitor dilakukan, akan terlihat perbandingan bisnis kamu dengan kompetitor kamu, yang akan menunjukan dimana kamu unggul dan kurang, bisa juga dimanfaatkan untuk mendapatkan ide baru untuk pertumbuhan yang bisa kamu manfaatkan kedepannya.

Ada kutipan dari Taffet yaitu “Memahami kompetitor memungkinkan seseorang untuk membedakan diri dari pesaing, fokus pada peluang pasar, menentukan layanan yang dibutuhkan dan juga mengidentifikasi praktik terbaik untuk digunakan.”

Untuk melakukan analisa kompetitor, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar produk yang ingin kamu evaluasi, temukan juga presentasi pangsa pasar, ini membantu menemukan siapa pesaing utama kamu, kamu juga bisa membandingkan harga kompetitor kamu, dan melihat apa jenis strategi pemasaran yang diterapkan oleh tiap kompetitor. Setelah itu kamu bisa identifikasi kekuatannya dan kelemahannya, apa yang membuat mereka unggul. Evaluasi, identifikasi dan teliti kompetitor kamu dapat meningkatkan daya saing kamu loh Sobat Sakoo!

Contohnya jika kompetitor kamu membuka toko online mereka di banyak marketplace dan juga memiliki website toko online dengan menggunakan channel tertentu seperti Sakoo.id, dan mereka mendapatkan benefit tersendiri karena strategi ini, Nah, dari identifikasi ini, kamu bisa mendapatkan hal baru untuk mempertimbangkan strategi baru tersendiri.

Bagaimana Sobat Sakoo? Sudah paham kan pentingnya untuk kamu membuat analisa kompetitor? Semangat Sobat Sakoo untuk selalu terus mengembangkan bisnis kamu ! 🙂

Satu Toko Online

Nikmati kemudahan kelola toko online dan offlinemu melalui sakoo,
dan kembangkan bisnismu dibanyak merketplace hanya dengan satu platform.

Supported By :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *