fbpx

Syarat dan Ketentuan

 

Sakoo (selanjutnya disebut “Sakoo” atau “kami” atau “Layanan”) merupakan platform digital berbasis web yang menyediakan dan mengintegrasikan channel penjualan online dan offline bagi pemilik bisnis dengan fitur-fitur berupa pengelolaan stok, transaksi, data pelanggan, pembuatan webstore, serta sinkronisasi Marketplace yang sistemnya telah diintegrasikan oleh tim Sakoo. Sakoo berada di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, dengan alamat kantor di Menara Multimedia lantai 14 Jl. Kebon Sirih No. 12, Jakarta Pusat (selanjutnya disebut “TELKOM”).

Saat menggunakan Layanan Sakoo, Pengguna dan/atau Pemilik Toko (selanjutnya disebut “Anda” atau “Pengguna dan/atau Pemilik Toko”) tunduk pada pedoman, aturan, atau ketentuan yang berlaku, yang dapat diperbarui dari waktu ke waktu. Semua pedoman, aturan, atau ketentuan (termasuk dan tidak terbatas pada Kebijakan Privasi). Sakoo juga dapat menawarkan Layanan lain yang diatur oleh ketentuan layanan ini atau yang berbeda.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.sakoo.id, maka Pengguna dan/atau Pemilik Toko dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi (Ketentuan). Jika Pengguna dan/atau Pemilik Toko tidak menerima dan menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Ketentuan yang telah ditetapkan, maka Pengguna dan/atau Pemilik Toko tidak dapat menggunakan Layanan.

Ketentuan Penggunaan Sakoo

 

  • Definisi
    Istilah yang dimuat dalam Ketentuan ini merujuk kepada definisi sebagai berikut:
    1. Akun atau Akun Sakoo adalah akun yang telah didaftarkan oleh Pengguna dan/atau Pemilik Toko pada situs www.sakoo.id.
    2. Data Pribadi adalah setiap informasi tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi yang dengan karenanya seseorang yang dapat diidentifikasi tersebut menjadi teridentifikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik berdasarkan salah satu maupun gabungan darinya, baik melalui sistem elektronik maupun nonelektronik. Informasi yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada nama seseorang, nomor identitas, nomor handphone, lokasi, identitas dalam jaringan sistem elektronik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan orang tersebut.
    3. Webstore adalah fitur toko online dari Sakoo yang menampilkan data produk Pengguna dan/atau Pemilik Toko, di mana Pengguna dan/atau Pemilik Toko menentukan nama untuk tokonya dengan domain yang disediakan Sakoo.
    4. Layanan adalah platform digital berbasis web yang menyediakan dan mengintegrasikan channel penjualan online dan offline bagi pemilik bisnis dengan fitur-fitur berupa pengelolaan stok, transaksi, data Pelanggan, pembuatan webstore, serta sinkronisasi ke Marketplace – dalam hal ini Sakoo.
    5. Marketplace adalah suatu pasar online yaitu jenis situs untuk transaksi jual beli barang yang telah diintegrasikan oleh tim Sakoo, dimana informasi produk atau layanan disediakan oleh beberapa Pengguna dan/atau Pemilik Toko sedangkan transaksi diproses oleh operator pasar.
    6. Mitra Vendor adalah pihak ketiga yang telah ditunjuk dan bekerjasama dengan dengan tim internal Sakoo dalam rangka peningkatan Layanan yang akan diberikan kepada Pengguna dan/atau Pemilik Toko.
    7. Mitra Pengguna adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Sakoo dalam rangka pemanfaatan Layanan dengan domain khusus yang dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan Mitra Pengguna (White-label).
    8. Paket Berlangganan adalah jenis paket Sakoo yang dipilih Pengguna dan/atau Pemilik Toko sesuai periode penggunaan dan fitur yang dibutuhkan oleh Pengguna dan/atau Pemilik Toko.
    9. Pengaturan Marketplace atau Sync adalah fitur untuk melakukan sinkronisasi toko Pengguna dan/atau Pemilik Toko dengan toko online lain milik pengguna di Marketplace. Setelah mengaktifkan fitur ini, maka ketika ada update stok Produk di Sakoo, maka data di toko Pengguna dan/atau Pemilik Toko di semua Marketplace akan terupdate juga.
    10. Pelanggan adalah list data konsumen yang melakukan transaksi pembelian di toko Pengguna dan/atau Pemilik Toko baik secara online melalui webstore Sakoo dan melalui marketplace yang sudah disinkronkan dengan Sakoo oleh Pengguna dan/atau Pemilik Toko, maupun secara offline melalui Toko atau gudang/warehouse yang diinput ke sistem Sakoo.
    11. Pengguna adalah pengguna Layanan dan/atau pengunjung situs www.sakoo.id
    12. Pemilik Toko adalah pengguna yang sudah registrasi di situs Sakoo yang setuju untuk menggunakan Paket Berlangganan yang sudah disediakan.
    13. Produk adalah barang berwujud atau memiliki fisik barang yang disediakan oleh Pengguna dan/atau Pemilik Toko dan diunggah ke Sakoo oleh Pengguna dan/atau Pemilik Toko, yang dapat diantar atau memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang yang diunggah ke Sakoo.
    14. Sakoo adalah platform digital berbasis web yang menyediakan dan mengintegrasikan channel penjualan online dan offline bagi pemilik bisnis dengan fitur-fitur berupa pengelolaan stok, transaksi, data pelanggan, pembuatan webstore, serta sinkronisasi ke Marketplace yang telah diintegrasikan oleh tim Sakoo.
    15. Toko adalah list toko atau gudang/ warehouse baik online maupun offline milik Pengguna dan/atau Pemilik Toko yang diinput ke sistem Sakoo.

  • Layanan Produk “White-label”
    1. Pengguna dan/atau Pemilik Toko yang sudah menggunakan Layanan eksisting dapat memanfaatkan Layanan yang bisa dikustomisasi yang dapat diintegrasikan dengan sistem milik Pengguna dan/atau Pemilik Toko. 
    2. Untuk dapat memanfaatkan Layanan Produk “White-label” diatur dalam Perjanjian lain, sehingga Pengguna dan/atau Pemilik Toko dapat menghubungi Sakoo untuk pembahasan lebih lanjut.

  • Akun dan Perilaku Pengguna dan/atau Pemilik Toko
  1. Hanya Pengguna dan/atau Pemilik Toko yang memiliki Akun Sakoo yang dapat menggunakan Layanan Sakoo.
  2. Untuk membuat Akun Sakoo, Pengguna dan/atau Pemilik Toko akan diminta untuk memberikan beberapa informasi dan Data Pribadi. Sehubungan dengan pembuatan Akun Sakoo dan penggunaan Layanan Sakoo, Pengguna dan/atau Pemilik Toko setuju untuk memberikan informasi dan Data Pribadi secara benar, jelas, akurat, dan lengkap kepada Sakoo ketika diminta, sekurang-kurangnya berupa:
    i. Nama Lengkap;
         ii. Email;
         iii. No. Telepon;
         iv. Alamat Toko;
         v.Nama Toko;
         vi. Logo Toko;
         vii. Data rekening;
         viii. Data transaksi, Produk, Pelanggan;
         ix. ID pixel Facebook (opsional); dan
         x. ID Google Analytics (opsional).
  3. Pengguna dan/atau Pemilik Toko bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan Akun dan password Akun Pengguna dan/atau Pemilik Toko.
  4. Layanan Sakoo pada dasarnya tidak ditujukan untuk digunakan oleh Pengguna dan/atau Pemilik Toko di bawah umur, yaitu setiap orang yang belum mencapai batas usia dewasa atau usia cakap menurut yurisdiksi.
  5. Apabila Pengguna dan/atau Pemilik Toko memberikan pernyataan dan jaminan, informasi atau Data Pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka Sakoo berhak menolak permohonan pembuatan Akun Sakoo dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh Layanan Sakoo yang diberikan kepada Pengguna dan/atau Pemilik Toko.
  6. Sakoo berhak menganggap dan memperlakukan seluruh aktivitas yang dilakukan melalui Akun Sakoo sebagai aktivitas yang telah dilakukan oleh pemegang Akun Sakoo.
  7. Pengguna dan/atau Pemilik Toko bertanggung jawab atas segala kerugian dan akibat hukum yang timbul dari kesalahan atau kelalaian Pengguna dan/atau Pemilik Toko dalam menjaga kerahasiaan password Akun Sakoo .
  8. Pengguna dan/atau Pemilik Toko menyetujui untuk segera memberitahukan Sakoo mengenai setiap dugaan atau aktivitas penggunaan Akun Sakoo atau password secara tidak berwenang atau pelanggaran keamanan lainnya yang berkaitan dengan Akun Pengguna dan/atau Pemilik Toko secepat mungkin. 

 

  • Penipuan dan Praktek Penipuan Lainnya
    Pengguna dan/atau Pemilik Toko tidak boleh mengakses dan menggunakan aplikasi dari akun Pengguna dan/atau Pemilik Toko lain dengan tujuan untuk memperoleh dan berbagi informasi dengan maksud untuk menipu atau menyesatkan.

 

  • Keamanan, Privasi, dan Penggunaan Data Pengguna dan/atau Pemilik Toko
  1. Keamanan
    i. Kami menjaga tindakan teknis dan organisasi, kontrol internal, dan rutinitas keamanan data yang dimaksudkan untuk melindungi Data Pengguna dan/atau Pemilik Toko dari kehilangan atau perubahan yang tidak disengaja, pengungkapan atau akses yang tidak sah, atau perusakan yang melanggar hukum.
    ii. Kami berhak menolak aplikasi pendaftaran Pengguna dan/atau Pemilik Toko dengan alasan yang jelas.
  2. Privasi
    Kami memperlakukan Data Pengguna dan/atau Pemilik Toko sesuai dengan persyaratan di sini dan Kebijakan Privasi kami.
  3. Penggunaan Data Pribadi
    i. Kami hanya akan menggunakan Data Pengguna dan/atau Pemilik Toko untuk dapat menghubungi Pengguna dan/atau Pemilik Toko sewaktu-waktu jika diperlukan serta untuk kepentingan peningkatan Layanan, penawaran, penyelesaian masalah teknis atau hal lainnya yang terkait dengan Sakoo.
    ii. Kami tidak akan menggunakan Data Pengguna dan/atau Pemilik Toko atau memperoleh informasi darinya untuk keperluan iklan atau tujuan komersial lainnya tanpa persetujuan Pengguna dan/atau Pemilik Toko.

  • Hak Kekayaan Intelektual
    Hak Atas Kekayaan Intelektual terkait dengan Layanan Sakoo ini adalah milik TELKOM yang diperoleh dengan cara yang sah dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Tidak ada hak atau izin yang diberikan baik secara langsung atau tidak langsung kepada Pengguna dan/atau Pemilik Toko atau pihak manapun yang mengakses situs untuk menggunakan atau memperbanyak Kekayaan Intelektual dan tidak ada pihak yang dapat mengklaim hak atas kepemilikan atau kepentingan apapun di dalamnya. Pengguna dan/atau Pemilik Toko tidak diperbolehkan untuk mengubah salinan dalam bentuk kertas maupun digital dari materi apapun. Apabila Pengguna dan/atau Pemilik Toko menemukan terdapat pelanggaran hak kekayaan intelektual, dapat melaporkan ke Sakoo dengan menghubungi kontak yang tersedia.

 

  • Produk
  1. Produk yang diunggah ke dalam aplikasi Sakoo bukan merupakan barang terlarang yang tercantum pada Bagian Daftar Barang yang Dilarang untuk Dipasarkan melalui Sakoo.
  2. Segala penyalahgunaan Produk, hak kekayaan intelektual, atau apapun yang terkait dengan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Pengguna dan/atau Pemilik Toko merupakan tanggung jawab penuh dari Pengguna dan/atau Pemilik Toko dan Sakoo terlepas dari segala bentuk kewajiban apapun.

  • Layanan
  1. Fitur yang ditawarkan oleh Sakoo dapat berubah dan Pengguna dan/atau Pemilik Toko dapat mengaksesnya sesuai dengan paket yang disepakati kedua belah pihak.
  2. Sakoo menyediakan berbagai fitur sesuai dengan spesifikasi umum Sakoo, sehingga Sakoo tidak menjamin bahwa fiturnya akan sangat sesuai dengan kebutuhan spesifik Pengguna dan/atau Pemilik Toko.
  3. Sakoo selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi Pengguna dan/atau Pemilik Tokonya. Meskipun demikian, gangguan teknis seperti bugs tetap dapat terjadi. Untuk mengatasinya kami menyiapkan beberapa saluran komunikasi, di antaranya adalah;
         i. Customer Care 021-3808888
         ii. Help Desk
              – Live Chat web Sakoo; dan
              – Whatsapp: 081-211-000510.
  4. Selain layanan yang ditangani sendiri, Sakoo juga memiliki beberapa layanan yang disediakan pihak ketiga seperti jasa pengiriman, pemrosesan pembayaran (payment gateway), dan pergudangan. Kesalahan teknis yang dialami pihak ketiga bukan merupakan tanggung jawab Sakoo, namun Sakoo akan berupaya untuk mengkomunikasikannya kepada pihak terkait.

  • Paket Berlangganan
  1. Pengguna dan/atau Pemilik Toko berhak untuk menggunakan layanan berupa fitur-fitur dari Sakoo sesuai dengan Paket Berlangganan yang dipilih. Adapun fitur tersebut dapat berubah sewaktu–waktu tanpa perlu pemberitahuan sebelumnya.
  2. Setelah menyetujui menjadi Pengguna dan/atau Pemilik Toko, maka Pengguna dan/atau Pemilik Toko berkewajiban untuk membayar biaya berlangganan yang telah ditetapkan oleh Sakoo dan dibayarkan sebelum batas waktu pembayaran habis.
  3. Bila Pengguna dan/atau Pemilik Toko menghendaki pembatalan pemesanan Paket Berlangganan, maka Pengguna dan/atau Pemilik Toko dapat membatalkan secara manual menggunakan fitur “Batalkan Pembayaran” sebelum melakukan pembayaran.

  • Metode Pembayaran
  1. Pengguna dan/atau Pemilik Toko setuju untuk membayar Paket Berlangganan sesuai yang Pengguna dan/atau Pemilik Toko pilih dan add-on berbayar yang ditetapkan oleh Sakoo.
  2. Fitur Coba Gratis aplikasi Sakoo berhak digunakan selama 14 (empat belas) hari pertama setelah mendaftar. Sesudahnya Pengguna dapat memilih Paket Berlangganan yang telah ditetapkan oleh Sakoo.
  3. Pengguna dan/atau Pemilik Toko setuju bahwa Sakoo melakukan transaksi dengan menggunakan beberapa metode pembayaran, yaitu:
         – LinkAja; dan
         – Virtual Account (BNI, Bank Mandiri, Bank Permata).
  4. Apabila Pengguna dan/atau Pemilik Toko tidak membayar dalam waktu yang telah disepakati, Sakoo berhak membatalkan akses Pengguna dan/atau Pemilik Toko terhadap Paket Berlangganan ataupun fitur add-on tertentu.
  5. Sakoo tidak menjamin pengembalian pembayaran apabila terjadi pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan pembayaran.
  6. Dalam hal terjadi kendala atau kegagalan pembayaran yang disebabkan oleh kesalahan teknis, maka Sakoo tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami oleh Pengguna dan/atau Pemilik Toko.

  • Larangan dan Batasan Tanggung Jawab
  1. Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan melakukan upaya dan/atau yang dapat dianggap upaya untuk mengumpulkan, mengolah dan/atau mengungkapkan data yang terkandung dalam sistem elektronik Sakoo untuk tujuan yang melanggar peraturan perundang-undangan.
  2. Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan menggunakan situs Sakoo untuk melanggar keamanan atau integritas jaringan, komputer atau sistem komunikasi apapun, aplikasi perangkat lunak, atau jaringan atau perangkat komputasi (masing-masing, “Sistem”).
  3. Kegiatan yang dilarang termasuk mengakses atau menggunakan Sistem apa pun tanpa izin, termasuk mencoba menyelidiki, memindai, atau menguji kerentanan Sistem atau untuk melanggar segala tindakan keamanan atau otentikasi yang digunakan oleh suatu Sistem.
  4. Sakoo dan TELKOM tidak bertanggungjawab atas pengumpulan, pengolahan dan/atau pengungkapan yang dilakukan di luar sistem elektronik Sakoo.

  • Daftar Barang yang Dilarang untuk Dipasarkan melalui Sakoo
    Sakoo memiliki kebijakan khusus untuk tidak dapat mempublikasikan barang-barang di bawah ini di Akun atau Toko Pengguna dan/atau Pemilik Toko:
Daftar Barang yang dilarang
Alat cetak pos
Alkohol
Artefak/ barang antik
Bagian/ Organ Manusia
Barang curian
Barang dengan label salah
Barang lain yang melanggar hukum Indonesia
Barang mistis
Barang yang berhubungan dengan kepolisian/ militer
Barang yang diembargo
Barang yang mengandung unsur SARA
Barang yang mudah meledak atau terbakar
Binatang peliharaan/liar
Buku, CD, DVD, software bajakan
Cetakan/ barang yang dapat mengganggu stabilitas nasional
Dokumen pemerintahan dan perjalanan
Dokumen resmi dan sertifikat
Gadget replika atau berasal dari BM
Ganja
Iklan
Jamur liar
Jasa, donasi, sewa, promo event
Kartu Kredit / Debit
Kontrak
Konverter katalis dan pipa uji
Kosmetika bekas
Mailing list / informasi pribadi
Makanan yang diklaim obat – obatan, makanan berbahaya
Mata uang
Memorabilia politik
Merk dagang
Mesin slot dan peralatan judi lainnya
Narkotika
Obat yang tidak terdaftar BPOM
Obat yang harus menggunakan resep dokter
Pembuka kunci dan perlengkapannya yang dapat menunjang perampokan/pencurian
Peralatan elektronik, komunikasi, pengacak dan pengintai nya
Perangko, materai, saham,  uang, mata uang palsu
Pestisida
Pornografi, sex toys dan barang lain yang sejenis
Produk susu non-pasteurisasi
Produk yang bukan produk asli dengan nama merek terdaftar, MLM
Rokok, produk tembakau, rokok elektronik
Senjata api, air soft gun dan sejenisnya beserta perlengkapannya
Tiket lotre

  • Jaminan TELKOM dan Pembatasan Tanggung Jawab TELKOM secara Umum
  1. Pengguna dan/atau Pemilik Toko setuju bahwa Pengguna dan/atau Pemilik Toko memanfaatkan Sakoo atas risiko Pengguna dan/atau Pemilik Toko sendiri, dan Layanan Sakoo diberikan kepada Pengguna dan/atau Pemilik Toko pada “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.
  2. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, TELKOM (termasuk TELKOM Group, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna dan/atau Pemilik Toko setuju untuk tidak menuntut TELKOM bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:
    i. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dan/atau Pemilik Toko dalam menggunakan Layanan Sakoo;
    ii. Harga Layanan Sakoo;
    iii. Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Sakoo;
    iv.Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna dan/atau Pemilik Toko;
    v. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual;
    vi. Perselisihan antar Pengguna dan/atau Pemilik Toko;
    vii. Pencemaran nama baik pihak lain;
    viii. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain dengan cara apapun mengatasnamakan TELKOM maupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank;
    ix. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan Sakoo; Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Sakoo;
    x. Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dan/atau Pemilik Toko dari penggunaan setiap Layanan Sakoo;
    xi. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna dan/atau Pemilik Toko;
    xii. Force Majeure.

  • Kritik dan/atau Saran
  1. Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan Sakoo, maka Pengguna dan/atau Pemilik Toko dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan dengan melampirkan fotokopi identitas Pengguna dan/atau Pemilik Toko ke:
         i. Secara tertulis melalui: email admin@sakoo.id atau Whatsapp ke 081-211-000510; dan
         ii. Langsung ke alamat lengkap: Menara Multimedia Lantai 14 Jl. Kebon Sirih No. 12, Gambir, Jakarta Pusat 10110.
  2. Dalam hal adanya penambahan dan/atau pengurangan dan/atau perubahan channel pengaduan akan diinformasikan kemudian melalui website www.sakoo.id.
  3. Sakoo akan melakukan verifikasi data Pengguna dan/atau Pemilik Toko dengan berpedoman pada data Pengguna dan/atau Pemilik Toko yang tersimpan pada sistem Sakoo. Sakoo berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan dan/atau keluhan/ pengaduan yang diajukan Pengguna dan/atau Pemilik Toko dalam hal data Pengguna dan/atau Pemilik Toko yang diverifikasi tidak sesuai dengan data yang tersimpan pada sistem Sakoo.
  4. Sakoo akan melakukan pemeriksaan dan/atau investigasi atas pengaduan Pengguna dan/atau Pemilik Toko Sakoo serta memberikan jawaban kepada Pengguna dan/atau Pemilik Toko sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Sakoo setelah Sakoo menerima keluhan/ pengaduan secara lengkap dalam kurun waktu 2 (dua) minggu.

  • Force Majeure
  1. Sakoo dan TELKOM tidak dapat diminta pertanggungjawaban untuk keterlambatan dan/atau kegagalan dalam memenuhi kewajiban yang disebabkan oleh kejadian-kejadian di luar kemampuan TELKOM (selanjutnya disebut Force Majeure). Kejadian-kejadian yang dapat dikategorikan Force Majeure adalah termasuk segala keadaan atau peristiwa yang terjadi di luar kekuasaan Para Pihak, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada huru-hara, epidemi, kebakaran, banjir, gempa bumi, pemogokan umum, perang, sabotase, dan berlaku efektifnya suatu ketentuan Perundang-undangan Republik Indonesia yang membatasi maupun mengakibatkan masing-masing pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya menurut Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Dalam hal terjadinya salah satu atau beberapa kejadian dan/atau peristiwa sebagaimana dimaksud, Sakoo dan TELKOM berkewajiban untuk  memberitahukan secara tertulis melalui email, website, dan/atau aplikasi kepada Pengguna dan/atau Pemilik Toko selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak terjadinya peristiwa tersebut.

  • Penyelesaian Perselisihan
  1. Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dalam pelaksanaan Kontrak Berlangganan ini secara musyawarah dan mufakat.
  2. Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender atau suatu jangka waktu lainnya sebagaimana disepakati Para Pihak terhitung sejak timbulnya Perselisihan, maka Para Pihak sepakat bahwa penyelesaian Perselisihan tersebut akan diteruskan ke BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang bertempat di Jakarta dan menyetujui keputusan BANI tersebut bersifat final, sehingga tidak dapat dimintakan putusan pada tingkat yang lebih tinggi dan mengikat Para Pihak.

  • Hukum yang Berlaku

Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada Hukum Negara Republik Indonesia, hal-hal yang tidak atau belum diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku bagi Perjanjian, termasuk namun tidak hanya terbatas pada Hukum Perjanjian yang termuat dalam Buku III, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).

 

  • Ketentuan Penutup

Ketentuan ini mulai berlaku pada saat ditetapkan oleh Pihak Sakoo pada tanggal 31 Maret 2021

Kebijakan Privasi

Sakoo dan TELKOM menyadari bahwa informasi pelanggan bersifat rahasia dan pribadi, oleh karena itu, Kami berkomitmen untuk melindungi dan merahasiakan data Pengguna dan/atau Pemilik Toko sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

  • Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi
  1. Perolehan dan pengumpulan Data Pribadi yang dilakukan oleh Sakoo dibatasi pada informasi yang relevan dan sesuai dengan tujuannya, yang meliputi:
    i. Nama Lengkap;
         ii. Email;
         iii. No. Telepon;
         iv. Alamat Toko;
         v.Nama Toko;
         vi. Logo Toko;
         vii. Data rekening;
         viii. Data transaksi, Produk, Pelanggan;
         ix. ID pixel Facebook (opsional); dan
         x. ID Google Analytics (opsional).
  2. Selain dari Data Pribadi yang dimaksud pada Bagian Perolehan dan pengumpulan Data Pribadi pada poin 1, Sakoo dapat meminta Data Pribadi Lainnya di kemudian hari yang sesuai dengan kebutuhan.
  3. Dengan memberikan Data Pribadi sebagaimana Bagian Perolehan dan pengumpulan Data Pribadi pada poin 1 pada saat melakukan registrasi pada situs, Pengguna dan/atau Pemilik Toko berarti menyetujui pemberian data untuk digunakan oleh TELKOM menyelenggarakan Layanan Sakoo.
  4. Data Pribadi yang diberikan merupakan data Pengguna dan/atau Pemilik Toko yang benar. Apabila Pengguna dan/atau Pemilik Toko memberikan pernyataan dan jaminan, informasi atau Data Pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka Sakoo berhak menolak permohonan pembuatan Akun Sakoo dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh Layanan Sakoo yang diberikan kepada Pengguna dan/atau Pemilik Toko. Pengguna dan/atau Pemilik Toko bertanggung jawab sepenuhnya atas data yang diberikan dan melepaskan TELKOM dari seluruh konsekuensi yang timbul.

  • Pengolahan dan Penganalisaan Data Pribadi
  1. Pengolahan dan penganalisaan Data Pribadi hanya dilakukan dengan berdasarkan persetujuan pemilik data.
  2. Pengolahan dan penganalisaan Data Pribadi dilakukan untuk mengoptimalkan layanan Sakoo dan Telkom dan/atau pengembangan produk di masa yang akan datang yang meliputi namun tidak terbatas pada penggunaan aplikasi control tower milik Kementerian BUMN yang turut mendukung program Pasar Digital UMKM.
  3. Sakoo mungkin akan mengungkapkan Data Pribadi Pengguna dan/atau Pemilik Toko kepada Mitra Vendor. Meskipun demikian, pihak tersebut dilarang melakukan penyalahgunaan data. Data akan dikelola dan dimanfaatkan oleh pihak yang bersangkutan sebatas untuk tujuan kerjasama maupun tujuan yang ada dalam Kebijakan Privasi ini dengan tetap memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  • Penyimpanan Data Pribadi
  1. Data Pribadi yang disimpan dalam Sakoo telah melalui proses verifikasi dan terenkripsi selama Layanan beroperasi.
  2. Apabila Layanan Sakoo sudah tidak beroperasi, Sakoo berhak menyimpan dan menggunakan Data Pribadi Pengguna dan/atau Pemilik Toko dalam kurun waktu minimal 5 (lima) tahun.
  3. Sakoo menggunakan database dengan infrastruktur & server Pihak Ketiga (third party), cloud, atau semacamnya untuk menampung perolehan dan pengumpulan Data Pribadi, serta menggunakan perangkat lunak yang diperoleh dengan cara yang legal.

  • Keamanan dan Privasi Data Pelanggan
    1. Keamanan
           i. Sakoo menjaga tindakan teknis dan organisasi, kontrol internal, dan rutinitas keamanan data yang dimaksudkan untuk melindungi Data Pengguna dan/atau Pemilik Toko dari kehilangan atau perubahan yang tidak disengaja, pengungkapan atau akses yang tidak sah, atau perusakan yang melanggar hukum.
           ii. Pengguna dan/atau Pemilik Toko bertanggung jawab terhadap keamanan Data Pribadi yang digunakan untuk mengoperasikan Layanan termasuk di dalamnya password, kode OTP, atau kode keamanan (security code) lainnya untuk mencegah penyalahgunaan pihak lain.
    2. Privasi
      Data Pribadi Pengguna dan/atau Pemilik Toko dan/atau Pelanggan akan digunakan hanya untuk keperluan penyelenggaraan Layanan Sakoo dan tidak akan diserahkan, ditampilkan, diungkapkan kepada pihak ketiga tanpa persetujuan Pengguna dan/atau Pemilik Toko, kecuali terdapat permintaan data dari Aparat Penegak Hukum atau Pejabat yang berwenang lainnya maupun karena diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan.

  • Penggunaan Data Pengguna dan/atau Pemilik Toko 
    1. Sakoo hanya akan menggunakan data Pengguna dan/atau Pemilik Toko untuk dapat menghubungi Pengguna dan/atau Pemilik Toko sewaktu-waktu jika diperlukan serta untuk kepentingan peningkatan Layanan.
    2. Sakoo tidak akan menggunakan data Pengguna dan/atau Pemilik Toko atau memperoleh informasi darinya untuk keperluan iklan atau tujuan komersial lainnya tanpa persetujuan Pengguna dan/atau Pemilik Toko.

  • Perbaikan dan Pembaharuan Data Pribadi
    Pengguna dan/atau Pemilik Toko menyatakan bersedia dan menjamin untuk senantiasa memperbaharui Data Pribadi melalui situs www.sakoo.id apabila ada perubahan data yang terkait.

  • Penampilan, Pengumuman, Transfer, Penyebarluasan, atau Pengungkapan
    Sakoo dengan ini menjamin bahwa hanya akan menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, menyebarluaskan, dan/atau membuka akses Data Pribadi dalam sistem berdasarkan keadaan seperti berikut:
  1. Atas persetujuan Pengguna dan/atau Pemilik Toko kecuali ditentukan lain oleh ketentuan perundang-undangan;
  2. Telah dilakukan verifikasi keakuratan dan kesesuaian dengan tujuan perolehan dan pengumpulan Data Pribadi tersebut; dan
  3. Untuk keperluan proses penegakan hukum, di mana penyelenggara sistem elektronik wajib memberikan Data Pribadi yang terdapat dalam sistem elektronik atau Data Pribadi yang dihasilkan oleh sistem elektronik atas permintaan yang sah dari aparat penegak hukum berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Penghapusan atau Pemusnahan
    Pemusnahan Data Pribadi dalam Sakoo hanya dapat dilakukan jika:
  1. Telah melewati ketentuan jangka waktu penyimpanan Data Pribadi dalam sistem elektronik berdasarkan peraturan perundang-undangan atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang secara khusus mengatur di masing-masing instansi pengawas dan pengatur sektor untuk itu; atau
  2. Dengan mengesampingkan Bagian Penyimpanan Data Pribadi pada poin 2, Pengguna dan/atau Pemilik Toko dan/atau Pelanggan dapat mengajukan Permohonan Penghapusan Data Pribadi apabila Pengguna dan/atau Pemilik Toko tidak lagi menggunakan Layanan Sakoo.