fbpx

Sakoo powered by Telkom Indonesia

Sakoo (selanjutnya disebut “Sakoo” atau “kami” atau “Layanan”) merupakan platform digital berbasis web yang menyediakan dan mengintegrasikan channel penjualan online dan offline bagi pemilik bisnis dengan fitur–fitur berupa pengelolaan stock, transaksi, data pelanggan, pembuatan katalog produk, serta sinkronisasi ke 3 (tiga) marketplace (Shopee, Lazada, dan Blanja). Sakoo berada di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, dengan alamat kantor di Menara Multimedia Jl. Kebon Sirih No. 12, Jakarta Pusat (selanjutnya disebut “TELKOM”).

Saat menggunakan Layanan Sakoo, Pengguna (selanjutnya disebut “Anda” atau “Pengguna”) tunduk pada pedoman, aturan, atau ketentuan yang berlaku, yang dapat diperbarui dari waktu ke waktu. Semua pedoman, aturan, atau ketentuan (termasuk dan tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Sakoo). Sakoo juga dapat menawarkan Layanan lain yang diatur oleh ketentuan layanan ini atau yang berbeda.

Dengan mendaftar dan/ atau menggunakan situs www.sakoo.id, maka Anda dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi Ketentuan Penggunaan ini. Jika Anda tidak menerima dan menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Ketentuan Penggunaan ini, maka Anda tidak dapat menggunakan Layanan.

Ketentuan Penggunaan Sakoo 

1. Definisi

Istilah yang dimuat dalam Ketentuan ini merujuk kepada definisi sebagai berikut:

  • Akun adalah akun yang telah didaftarkan oleh Pengguna pada situs
  • Data Pribadi adalah setiap informasi tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/ atau dapat diidentifikasi yang dengan karenanya seseorang yang dapat diidentifikasi tersebut menjadi teridentifikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik berdasarkan salah satu maupun gabungan darinya, baik melalui sistem elektronik maupun non elektronik. Informasi yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada nama seseorang, nomor identitas, nomor handphone, lokasi, identitas dalam jaringan sistem elektronik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan orang tersebut.
  • Data Profil adalah data yang terdapat pada halaman profil bagi Pengguna.
  • Toko adalah list toko atau gudang/ warehouse baik online maupun offline milik Pengguna yang diinput ke sistem Sakoo.
  • Channel Penjualan adalah tempat memasarkan suatu produk atau layanan sehingga dapat dibeli oleh konsumen. Channel Penjualan online merupakan tempat penjual memasarkan produk secara online, antara lain melalui marketplace atau website toko online. Sementara channel penjualan offline merupakan toko fisik di mana pembeli bisa melihat, menyentuh, dan mencoba produk secara langsung.
  • Marketplace adalah suatu pasar online yaitu jenis situs e-commerce di mana informasi produk atau layanan disediakan oleh beberapa pihak ketiga, sedangkan transaksi diproses oleh operator pasar.
  • Produk adalah barang berwujud atau memiliki fisik barang yang disediakan oleh Pengguna dan diunggah ke Sakoo oleh Pengguna, yang dapat diantar atau memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang yang diunggah ke Sakoo.
  • Pesanan adalah list pesanan yang masuk ke toko Pengguna baik secara online melalui katalog Sakoo dan melalui marketplace yang sudah disinkronkan dengan Sakoo oleh Pengguna, maupun secara offline melalui toko atau gudang/ warehouse yang diinput ke sistem Sakoo.
  • Pelanggan adalah list data konsumen yang melakukan transaksi pembelian di toko Pengguna baik secara online melalui katalog Sakoo dan melalui marketplace yang sudah disinkronkan dengan Sakoo oleh Pengguna, maupun secara offline melalui toko atau gudang/warehouse yang diinput ke system Sakoo.
  • Layanan adalah platform digital berbasis web yang menyediakan dan mengintegrasikan channel penjualan online dan offline bagi pemilik bisnis dengan fitur – fitur berupa pengelolaan stock, transaksi, data pelanggan, pembuatan katalog produk, serta sinkronisasi ke 3 marketplace (Shopee, Lazada, dan Blanja) –dalam hal ini Sakoo.
  • Katalog adalah fitur toko online dari Sakoo yang menampilkan data produk Pengguna di mana Pengguna menentukan nama untuk tokonya dengan domain yang disediakan Sakoo.
  • Pengaturan Marketplace atau Sync adalah fitur untuk melakukan sinkronisasi toko Pengguna dengan toko online lain milik pengguna di marketplace Lazada, Shopee, dan Blanja. Setelah mengaktifkan fitur ini, maka ketika ada update stok Produk di Sakoo maka data di toko Pengguna di semua marketplace akan terupdate juga.
  • Sakoo adalah platform digital berbasis web yang menyediakan dan mengintegrasikan channel penjualan online dan offline bagi pemilik bisnis dengan fitur – fitur berupa pengelolaan stock, transaksi, data pelanggan, pembuatan katalog produk, serta sinkronisasi ke 3 marketplace (Shopee, Lazada, dan Blanja).
  • Konten adalah katalog digital yang mereferensikan Produk dan berada dalam Platform beserta material yang terhubung di dalamnya, seperti; visual gambar, video, suara, dan sebagainya yang telah diatur ketentuannya oleh masing-masing Merchant dan Penyedia Jasa.
  • Paket Berlangganan adalah jenis paket Sakoo yang dipilih Pengguna sesuai periode penggunaan dan fitur yang dibutuhkan oleh Pengguna.

2. Penipuan dan Praktek Penipuan Lainnya

Anda tidak boleh mengakses akun Sakoo pengguna lain tanpa izin dari pemilik akun. Anda dilarang menggunakan aplikasi Sakoo untuk memperoleh informasi pribadi akun lain, menipu pengguna lain agar berbagi informasi dengan alasan palsu termasuk meniru orang lain, dengan maksud untuk menipu atau menyesatkan.

3. Keamanan, Privasi, dan Data Pelanggan

  1. Keamanan 
    • Kami menjaga tindakan teknis dan organisasi, kontrol internal, dan rutinitas keamanan data yang dimaksudkan untuk melindungi Data Pelanggan dari kehilangan atau perubahan yang tidak disengaja, pengungkapan atau akses yang tidak sah, atau perusakan yang melanggar hukum.
    • Kami berhak menolak aplikasi pendaftaran Anda sebagai Pengguna dengan alasan yang jelas.
    • [Ma1] 
  2. Privasi
    • Kami memperlakukan Data Pelanggan sesuai dengan persyaratan di sini dan Pernyataan Privasi kami.
    • Anda akan memperoleh persetujuan atau hak yang diperlukan dari pengguna akhir atau orang lain yang data atau informasi pribadinya atau data lain yang akan Anda hosting di Layanan.
  3. Penggunaan Data Pelanggan
    • Kami hanya akan menggunakan Data Pelanggan untuk dapat menghubungi Anda sewaktu-waktu jika diperlukan serta untuk kepentingan peningkatanan Layanan, penawaran, penyelesaian masalah teknis atau hal lainnya yang terkait dengan Sakoo.  
      • Kami tidak akan menggunakan Data Pelanggan atau memperoleh informasi darinya untuk keperluan iklan atau tujuan komersial lainnya tanpa persetujuan Anda.

4. Hak Kekayaan Intelektual

Hak Atas Kekayaan Intelektual terkait dengan Layanan Sakoo ini adalah milik TELKOM yang diperoleh dengan cara yang sah dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Tidak ada hak atau izin yang diberikan baik secara langsung atau tidak langsung kepada Pengguna atau pihak mana pun yang mengakses situs untuk menggunakan atau memperbanyak Kekayaan Intelektual dan tidak ada pihak yang dapat mengklaim hak atas, kepemilikan atau kepentingan apapun di dalamnya. Anda tidak diperbolehkan untuk mengubah salinan dalam bentuk kertas maupun digital dari materi apapun. Apabila Anda menemukan terdapat pelanggaran hak kekayaan intelektual, dapat melaporkan ke Sakoo dengan menhubungi kontak yang tersedia.

5. Akun Pelanggan dan Perilaku Pelanggan

  • Hanya Pengguna yang memiliki akun Sakoo yang dapat menggunakan layanan Sakoo.
  • Untuk membuat Akun Sakoo, Anda dapat diminta untuk memberikan beberapa informasi dan data pribadi Anda. Sehubungan dengan pembuatan Akun Sakoo dan penggunaan Layanan Sakoo, Anda setuju untuk memberikan informasi dan data pribadi Anda secara benar, jelas, akurat, dan lengkap kepada Sakoo ketika diminta, sekurang-kurangnya berupa:
    • Nama Lengkap;
    • Email;
    • No. Telepon;
    • Alamat;
    • Nomor rekening;
    • Data transaksi, Produk, Pelanggan, dan
    • Logo toko.
  • Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan akun dan password Anda.
  • Layanan Sakoo pada dasarnya tidak ditujukan untuk digunakan oleh Pengguna di bawah umur, yaitu setiap orang yang belum mencapai batas usia dewasa atau usia cakap menurut yurisdiksi.
  • Apabila Anda memberikan pernyataan dan jaminan, informasi atau data pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka Sakoo berhak menolak permohonan pembuatan Akun Sakoo dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh Layanan Sakoo yang diberikan kepada Anda.
  • Sakoo berhak menganggap dan memperlakukan seluruh aktivitas yang dilakukan melalui Akun Sakoo sebagai aktivitas yang telah dilakukan oleh pemegang Akun Sakoo.
  • Anda bertanggung jawab atas segala kerugian dan akibat hukum yang timbul dari kesalahan atau kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan password Akun Sakoo Anda.
  • Anda menyetujui untuk segera memberitahukan Sakoo mengenai setiap dugaan atau aktivitas penggunaan Akun Sakoo atau password secara tidak berwenang atau pelanggaran keamanan lainnya yang berkaitan dengan akun Anda secepat mungkin.

6. Produk

  • Produk yang diunggah ke dalam aplikasi Sakoo bukan merupakan barang terlarang yang tercantum pada lampiran terpisah.
  • Segala penyalahgunaan Produk, Hak Kekayaan Intelektual, atau apapun yang terkait dengan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Pengguna merupakan[Ma2]  tanggung jawab penuh dari Pengguna dan Sakoo terlepas dari segala bentuk kewajiban apaun.

7. Layanan

  • Fitur yang ditawarkan oleh Sakoo dapat berubah dan Pengguna dapat mengaksesnya sesuai dengan paket yang disepakati kedua belah pihak.
  • Sakoo menyediakan berbagai fitur sesuai dengan spesifikasi umum Sakoo, sehingga Sakoo tidak menjamin bahwa fiturnya akan sangat sesuai dengan kebutuhan spesifik pengguna.
  • Sakoo selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Meskipun demikian, gangguan teknis seperti bugs tetap dapat terjadi. Untuk mengatasinya kami menyiapkan beberapa saluran komunikasi, di antaranya adalah;
    • Chat yang tersedia melalui aplikasi
    • Whatsapp: 081316404744
    • Email : admin@sakoo.id
  • Selain layanan yang ditangani sendiri, Sakoo juga memiliki beberapa layanan yang disediakan pihak ketiga seperti jasa pengiriman, pemrosesan pembayaran (payment gateway), dan pergudangan. [Ma3] Kesalahan teknis yang dialami pihak ketiga bukan merupakan tanggung jawab Sakoo, namun Sakoo akan berupaya untuk mengkomunikasikannya kepada pihak terkait.

8. Paket Berlangganan

  • Dengan menjadi Pengguna, maka Anda berhak untuk menggunakan layanan dari Sakoo berupa fitur–fitur pengelolaan yang telah disebutkan pada poin 1.j sesuai dengan paket berlangganan yang dipilih. Adapun perubahan dari fitur tersebut dapat berubah sewaktu–waktu tanpa perlu pemberitahuan sebelumnya.
    • Setelah menyetujui menjadi Pengguna, maka Anda berkewajiban untuk membayar biaya berlangganan yang telah ditetapkan oleh Sakoo dan dibayarkan sebelum batas waktu pembayaran habis.
    • Bila Anda menghendaki pembatalan pemesanan paket berlangganan, maka Anda dapat membatalkan secara manual menggunakan fitur Batalkan Pembayaran sebelum melakukan pembayaran.

9. Metode Pembayaran

  • Anda setuju untuk membayar paket berlangganan sesuai yang Anda pilih dan add-on berbayar yang ditetapkan oleh Sakoo.
  • Fitur Coba Gratis aplikasi Sakoo berhak digunakan selama 14 (empat belas) hari pertama setelah mendaftar. Sesudahnya Anda wajib untuk membayar biaya berlangganan yang telah ditetapkan oleh Sakoo.
  • Tahapan ketika Anda ingin berlangganan paket atau menambah add-on berbayar terdiri dari beberapa metode, yaitu:
    • LinkAja;
    • FinPay; dan
    • Virtual Account (BNI, Mandiri, Permata).
  • Apabila Anda tidak membayar dalam waktu yang telah disepakati, Sakoo berhak membatalkan akses anda terhadap paket ataupun fitur add-on tertentu.
  • Sakoo tidak menjamin pengembalian pembayaran apabila terjadi pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan.

10. Larangan dan Batasan Tanggung Jawab

Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan melakukan upaya dan/ atau yang dapat dianggap upaya untuk mengumpulkan, mengolah dan/atau mengungkapkan Data yang terkandung dalam sistem elektronik Sakoo untuk tujuan yang melanggar peraturan perundang-undangan.

Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan menggunakan situs Sakoo untuk melanggar keamanan atau integritas jaringan, komputer atau sistem komunikasi apa pun, aplikasi perangkat lunak, atau jaringan atau perangkat komputasi (masing-masing, “Sistem”).

Kegiatan yang dilarang termasuk mengakses atau menggunakan Sistem apa pun tanpa izin, termasuk mencoba menyelidiki, memindai, atau menguji kerentanan Sistem atau untuk melanggar segala tindakan keamanan atau otentikasi yang digunakan oleh suatu Sistem.

Sakoo dan TELKOM tidak bertanggungjawab atas pengumpulan, pengolahan dan/atau pengungkapan yang dilakukan di luar sistem elektronik Sakoo.

11. Daftar Barang yang Dilarang untuk Dipasarkan melalui Sakoo

Sakoo memiliki kebijakan khusus untuk tidak dapat mempublikasikan barang-barang di bawah ini di akun atau Toko Pengguna:

Daftar Barang yang dilarang
Alat cetak pos
Alkohol
Artefak/barang antik
Bagian/Organ Manusia
Barang curian
Barang dengan label salah
Barang lain yg melanggar hukum Indonesia
Barang mistis
Barang yg berhubugan dengan kepolisian/ militer
Barang yg diembargo
Barang yg mengandung unsur SARA
Barang yg mudah meledak atau terbakar
Binatang peliharaan/liar
Buku, CD, DvD, software bajakan
Cetakan/ barang yg dapat mengganggu stabilitas nasional
Dokumen pemerintahan dan perjalanan
Dokumen resmi dan sertifikat
Gadget replika atau berasal dari BM
Ganja
Iklan
Jamur liar
Jasa, donasi, sewa, promo event
Kartu Kredit / Debit
Kontrak
Konverter katalis dan pipa uji
Kosmetika bekas
Mailing list / informasi pribadi
Makanan yg diklaim obat – obatan, makanan berbahaya
Mata uang
Memoribilia politik
Merk dagang
Mesin slot dan peralatan judi lainnya
Narkotika
Obat tidak terdaftar BPOM
Obat yg harus menggunakan resep dokter
Pembuka kunci dan perlengkapannya yg dpt menunjang perampokan/pencurian
Peralatan elektronik  , komunikasi , pengacak dan pengintai nya
Perangko, materai, saham,  uang, mata uang palsu
Pestisida
Pornografi, sex toys dan asusila lainnya
Produk susu non-pasteurisasi
Produk yg bukan produk asli dengan nama merek terdaftar, MLM
Rokok, produk tembakau, rokok elektronik
Senjata api, air soft gun dan sejenisnya beserta perlengkapannya
Tiket lotere

12. Jaminan TELKOM dan Pembatasan Tanggung Jawab TELKOM secara Umum

  • Pengguna setuju bahwa Pengguna memanfaatkan Sakoo atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan Sakoo diberikan kepada Pengguna pada “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.
  • Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, TELKOM (termasuk TELKOM Group, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut TELKOM bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :
    • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Sakoo
    • Harga Layanan Sakoo
    • Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Sakoo
    • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna
    • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual
    • Perselisihan antar pengguna
    • Pencemaran nama baik pihak lain
    • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain dengan cara apa pun mengatas-namakan TELKOM ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank
    • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan Sakoo;Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Sakoo
    • Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap Layanan Sakoo
    • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna
    • Force Majeure.

13. Kritik dan/atau Saran

  • Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan Sakoo, maka Pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan dengan melampirkan fotokopi identitas Pengguna ke:
    • Secara tertulis melalui: email admin@sakoo.id atau Whatsapp ke +62 813-1640-4744
    • Langsung ke alamat lengkap: Menara Multimedia Lt. 6, Jl. Kebon Sirih No. 12, Gambir, Jakarta Pusat 10110
  • Dalam hal adanya penambahan dan/atau pengurangan dan/atau perubahan channel pengaduan akan diinformasikan kemudian melalui website www.sakoo.id.
  • Sakoo akan melakukan verifikasi data Pengguna dengan berpedoman pada data Pengguna yang tersimpan pada sistem Sakoo. Sakoo berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan dan/ atau keluhan/ pengaduan yang diajukan Pengguna dalam hal data Pengguna yang diverifikasi tidak sesuai dengan data Pengguna yang tersimpan pada sistem Sakoo.
  • Sakoo akan melakukan pemeriksaan dan/ atau investigasi atas pengaduan Pengguna Sakoo serta memberikan jawaban kepada Pengguna sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Sakoo setelah Sakoo menerima keluhan/ pengaduan secara lengkap dalam kurun waktu 2 (dua) minggu.

14. Force Majeure

  • Sakoo dan TELKOM tidak dapat diminta pertanggungjawaban untuk keterlambatan dan/atau kegagalan dalam memenuhi kewajiban yang disebabkan oleh kejadian-kejadian di luar kemampuan TELKOM (selanjutnya disebut Force Majeure). Kejadian-kejadian yang dapat dikategorikan Force Majeure adalah termasuk segala keadaan atau peristiwa yang terjadi di luar kekuasaan Para Pihak, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada huru-hara, epidemi, kebakaran, banjir, gempa bumi, pemogokan umum, perang, sabotase, dan berlaku efektifnya suatu ketentuan Perundang-undangan Republik Indonesia yang membatasi maupun mengakibatkan masing-masing pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya menurut Syarat dan Ketentuan ini.
  • Dalam hal terjadinya salah satu atau beberapa kejadian dan/atau peristiwa sebagaimana dimaksud, Sakoo dan TELKOM berkewajiban untuk memberitahukan secara tertulis melalui email, website, dan/ atau aplikasi kepada Pengguna selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak terjadinya peristiwa tersebut.

15. Penyelesaian Perselisihan

  • Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dalam pelaksanaan Kontrak Berlangganan ini secara musyawarah dan mufakat.
  • Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender atau suatu jangka waktu lainnya sebagaimana disepakati Para Pihak terhitung sejak timbulnya Perselisihan, maka Para Pihak sepakat bahwa penyelesaian Perselisihan tersebut akan diteruskan ke BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang bertempat di Jakarta dan menyetujui keputusan BANI tersebut bersifat final, sehingga tidak dapat dimintakan putusan pada tingkat yang lebih tinggi dan mengikat Para Pihak.

16. Hukum yang Berlaku

Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada Hukum Negara Republik Indonesia, hal-hal yang tidak atau belum diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku bagi Perjanjian, termasuk namun tidak hanya terbatas pada Hukum Perjanjian yang termuat dalam Buku III, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).

17. Ketentuan Penutup

Ketentuan ini mulai berlaku pada saat ditetapkan oleh Pihak Sakoo pada tanggal 1 Mei 2020.

B. Kebijakan Privasi

Telkom menyadari bahwa informasi pelanggan bersifat rahasia dan pribadi, oleh karena itu Telkom berkomitmen untuk melindungi dan merahasiakan data pelanggan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

1. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi

  • Perolehan dan pengumpulan data pribadi yang dilakukan oleh Sakoo dibatasi pada informasi yang relevan dan sesuai dengan tujuannya, yang meliputi:
    • Nama Lengkap;
    • Email;
    • No. Telepon;
    • Alamat;
    • Nomor rekening;
    • Data transaksi, Produk, Pelanggan, dan
    • Logo toko.
  • Sakoo menggunakan perangkat lunak yang legal.

2. Pengolahan dan Penganalisaan Data Pribadi

  • Pengolahan dan penganalisaan hanya dilakukan dengan berdasarkan persetujuan pemilik data.
  • Pengolahan dan penganalisaan dilakukan untuk mengoptimalkan layanan Sakoo dan Telkom dan/ atau pengembangan produk di masa yang akan datang yang meliputi namun tidak terbatas pada penggunaan aplikasi control tower Kementerian BUMN yang turut mendukung program Pasar Digital[Ma1] 

3. Penyimpanan Data Pribadi

  • Data pribadi yang disimpan dalam Sakoo adalah data pribadi yang telah melalui proses verifikasi dan berbentuk data terenkripsi.
  • Data pribadi tersimpan dalam data center kami.

4. Perbaikan dan Pembaruan Data Pribadi

Pengguna menyatakan bersedia dan menjamin untuk senantiasa memperbaharui data pribadi melalui situs www.sakoo.id apabila ada perubahan data yang terkait dengan Pengguna;

5. Penampilan, Pengumuman, Transfer, Penyebarluasan, atau Pengungkapan

Sakoo dengan ini menjamin bahwa hanya akan menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, menyebarluaskan, dan/ atau membuka akses data pribadi dalam sistem berdasarkan keadaan seperti berikut:

  1. Atas Persetujuan Pengguna kecuali ditentukan lain oleh ketentuan perundang-undangan;
  2. Telah dilakukan verifikasi keakuratan dan kesesuaian dengan tujuan perolehan dan pengumpulan data pribadi tersebut; dan
  3. Untuk keperluan proses penegakan hukum, di mana penyelenggara sistem elektronik wajib memberikan data pribadi yang terdapat dalam sistem elektronik atau data pribadi yang dihasilkan oleh sistem elektronik atas permintaan yang sah dari aparat penegak hukum berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

6. Penghapusan atau Pemusnahan

Pemusnahan data pribadi dalam Sakoo hanya dapat dilakukan jika:

  1. Pemilik data pribadi terdeteksi tidak aktif dalam aplikasi Sakoo selama jangka waktu 1 (satu) tahun berturut-turut dan/ atau telah tidak mengakses Sakoo selama jangka waktu tersebut;
  2. Telah melewati ketentuan jangka waktu penyimpanan data pribadi dalam sistem elektronik berdasarkan peraturan perundang-undangan atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang secara khusus mengatur di masing-masing instansi pengawas dan pengatur sektor untuk itu; atau
  3. Terdapat permintaan pemilik data pribadi, kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.